Senin, 21 November 2011

Tugas Minggu 7 Pengantar Bisnis

NAMA KELOMPOK:
1.      FITRI NURLIA (22211921)
2.      INDRI RAHAYU PRADITYA (23211621)
3.      NIA ARVIONITA (25211150)
4.      NIKEN KURNIAWATI (28211356)
5.      NUR HIKMAH (25211309)

KELAS : 1EB20


SOAL :

1.      SEBUTKAN FAKTOR – FAKTOR PENUNJANG PERKEMBANGAN 
   MANAJEMEN  PRODUKSI !

JAWAB :

Faktor-faktor  penunjang perkembangan manajemen produksi, yaitu sebagai berikut :

a.         Adanya pembagian kerja dan spesialisasi.
b.         Revolusi industry.
c.         Perkembangan alat dan teknologi (termasuk computer).
d.         Perkembangan ilmu dan metode kerja.

SOAL :

2.      SEBUTKAN ARTI  PRODUKSI DAN BERI  5 CONTOHNYA !

JAWAB :

Produksi adalah kegiatan perusahaan untuk menghasilkan barang atau jasa dari bahan-bahan atau sumber-sumber faktor produksi dengan tujuan untuk dijual lagi.

Contoh Produksi :
·         Produksi meuble
·         Produksi Pakaian, sepatu
·         Produksi Televisi
·         Produksi Almari Es
·         Produksi Sikat dan Pasta Gigi
·         Produksi Sabun

SOAL :

3.      APA YG DIMAKSUD DENGAN PROSES PRODUKSI TERUS MENERUS DAN
   BERI 5 CONTOHNYA !

JAWAB

Tipe Proses Produksi yang ditinjau dari arus bahan mentah sampai menjadi barang jadi dapat dibagi menjadi 2 tipe, yaitu :
-          Tipe proses produksi terus-menerus ( Continuous Process )
-          Tipe proses produksi terputus-putus ( Intermitent )
Proses produksi terus-menerus akan terjadi jika perusahaan yang berproduksi membutuhkan waktu yang lama untuk mempersiapkan peralatan atau mesin dan jenis mesin. Tipe proses produksi terus menerus ini biasanya terjadi pada industri-industri yang hanya mempunyai satu shift operasi maupun kegiatan tersebut tidak terhenti dalam jangka waktu yang lama serta barang yang dihasilkan mempunyai bentuk yang hampir sama.
 Contohnya : Perusahaan semen, tekstil, mobil, dsb

SOAL :

4.      SEBUT DAN JELASKAN 4 MACAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN !

JAWAB :

Macam-macam pengambilan keputusan :

·         Pandangan ekonomi : pengambilan keputusan yang rasional
·         Pandangan pasif : Para konsumen dianggap sebagai pembeli yang menurutkan kata hati dan irasional.
·         Pandangan kognitif : alternatif produk yang tersedia dan karena itu tidak dapat mengambil keputusan yang sempurna, namun secara aktif mencari informasi dan berusaha mengambil keputusan yang memuaskan.
·         Pandangan emosional, mengambil keputusan yang emosional atau impulsive


SOAL :

5.      SEBUTKAN RUANG  LINGKUP MANAJEMEN PRODUKSI !

JAWAB :

Menurut Zulian Yamit (2003) Karakteristik dari sistem manajemen operasi adalah :

a) Mempunyai tujuan, yaitu menghasilkan barang dan jasa
b) Mempunyai kegiatan, yaitu proses transformasi
c) Adanya mekanisme yang mengendalikan pengoperasian

Ada tiga aspek yang saling berkaitan dalam ruang lingkup manajemen operasi, yaitu :

a) Aspek struktural yaitu aspek yang memperlihatkan konfigurasi komponen yang membangun sistem manajemen operasi dan interaksinya satu sama lain.
b) Aspek fungsional yaitu aspek yang berkaitan dengan manajemen dan organisasi komponen struktural maupun interaksinya mulai dari perencanaan, penerapan, pengendalian maupun perbaikan agar diperoleh kinerja optimum.
c) Aspek lingkungan memberikan dimensi lain pada sistem manajemen operasi yang berupa pentingnya memperhatikan perkembangan dan kecenderungan yang terjadi di luar sistem.
Ruang lingkup manajemen operasi berkaitan dengan pengoperasian sistem operasi, pemilihan serta penyiapan sistem operasi yang meliputi keputusan tentang :

a) Perencanaan output
b) Desain proses transformasi
c) Perencanaan kapasitas
d) Perencanaan bangunan pabrik
e) Perencanaan tata letak fasilitas
f) Desain aliran kerja
g) Manajemen persediaan
h) Manajemen proyek
i) Skeduling
j) Pengendalian kualitas
k) Keandalan kualitas dan pemeliharaan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar